6 PERSYARATAN UMROH SECARA SYARIAT

 

Tiap ibadah yang anda laksanakan tentu mempunyai persyaratan yang mesti dipenuhi, nggak terkecuali ibadah umroh. Kalau persyaratan umroh ini belum dipenuhi, maka ibadah Umroh 2020 yang dijalani bakal terbilang nggak sempurna atau bahkan rusak. Yah, rugi dong udah jauh-jauh ke Mekkah namun ibadahnya masih kurang. Simak sejumlah persyaratan ibadah umroh secara syariat inilah ini supaya perjalanan anda ke Tanah Suci nggak selesai sia-sia.

1. Islam

Ibadah umroh ini melulu akan dibebankan pada Muslim saja, alias orang-orang yang mendekap agama Islam. Seorang Muslim yang sudah mengisi syarat mesti umroh mesti membayar ibadah ini seenggaknya sekali seumur hidupnya.

2. Berakal

Ibadah umroh ini melulu akan diharuskan pada Muslim yang berakal. Sementara Muslim yang nggak sadarkan diri, sakit atau menderita gangguan kejiwaan akan dibebaskan dari keharusan menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Bahkan meski punya harta yang lumayan untuk mengerjakan perjalanan ibadah, bila nggak berakal ya tetap saja keharusan umroh ini nggak berlaku.

3. Balig

Masa balig pada wanita ditandai dengan haid kesatu, sedangkan pada laki-laki ditandai bilamana mereka sudah merasakan mimpi basah. Masa balig ini pun ditandai dengan firasat kedewasaan secara fisik, seperti format tubuh yang berbah, tumbuh rambut di bagian-bagian tubuh tertentu serta evolusi suara. Seorang Muslim yang sudah menginjak masa balig dengan kata lain sudah diharuskan untuk beribadah sebab telah berlaku padanya dosa serta pahala. Termasuk di antaranya ialah ibadah umroh.

4. Memiliki Kemampuan

Persyaratan umroh berikutnya ialah mempunyai kemampuan. Termasuk dalam keterampilan ini ialah harta yang cukup supaya bisa berperjalanan ke Mekkah, perbekalan yang lumayan selama id jalan dan melengkapi dokumen-dokumen legal yang disyaratkan pemerintah Indonesia maupun Arab Saudi.

5. Merdeka

Syarat merdeka ini menciptakan seorang budak nggak diharuskan menunaikan umroh. Ini sebab seorang budak punya keharusan dalam mengurus kebutuhan tuannya. Kalau seorang budak nggak diizinkan tuannya membayar umroh, maka dia pun nggak wajib mengemban perjalanan ibadah tersebut.

6. Disertai Mahram (Khusus Wanita)

Syarat satu ini melulu berlaku bikin kaum wanita. Allah memang tidak mengizinkan wanita bepergian jauh tanpa mahram. Ini artinya, perempuan yang bermukim di luar Tanah Suci dan nggak punya mahram yang dapat menemani maka nggak diberi beban kewajiban umroh. Sementara perempuan yang udah terlanjur mengerjakan perjalanan umroh tanpa mahram, tetap dihitung sah namun melanggar di antara larangan Allah.

Nah, tersebut dia sejumlah persyaratan umroh yang cocok syariat. Sudah seharusnya anda sebagai umat Muslim yang beriman menjalankan ibadah ini andai memang mengisi syarat-syarat di atas. Apalagi, ibadah umroh menjanjikan pahala berlipat serta dapat dijadikan sarana guna semakin mendekatkan diri pada Allah subhanahu wa ta’ala.

Leave a Comment