Beberapa Jenis Mesin Jilid Buku

Mesin Jilid Buku yang Sering kita Temukan .Anda tentu pernah menjilid kitab Anda pada zaman-zamannya duduk di bangku sekolah, khususnya pada ketika kenaikan ruang belajar dimana Anda mesti meminjam kitab untuk di fotokopi dan dijilid berubah menjadi sebuah kitab baru. Namun, menjilid sebenarnya memerlukan mesin jilid kitab yang bermanfaat untuk membulatkan kertas menjadi satu buah kitab yang apik dan apik. Bagi membuat kitab yang sekitar ini anda jumpai di toko-toko yang terjilid dengan apik dan sempurna, di pakailah sejumlah jenis mesin yang mempermudah pekerjaan menjilid ini.

 

Berikut ialah beberapa jenis mesin jilid kitab yang sering digunakan:

  1. Spiral Kawat

Kebanyakan dari jilid spiral kawat ini seringkali diterapkan guna di sejumlah jasa fotokopi di Indonesia dan guna di toko kitab sendiri. Buku yang dibulatkan dengan kawat ini ialah sangat jarang ditemukan. Buku yang dijilid dengan bahan ini memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Kelebihannya dari spiral kawat ialah pada penampilannya yang tampak lebih apik dan profesional, dapat tersingkap secara rata, cover depan bisa diputar ke belakang sampai-sampai mengirit ruang Anda memakai meja, dapat dipakai untuk menggabungkan 125 hingga dengan 450 halaman. Kekurangan dari jenis ini ialah biayanya yang seringkali lebih mahal dari yang lain, butuh mempelajari mesin dengan baik, butuh menyediakan sejumlah ukuran spiral, warna melulu ada hitam dan putih.

 

  1. Spiral Plastik

berbeda lagi dengan spiral kawat,jenis spiral plastik ini lebih murah dan sederhana Biasanya dilaksanakan dari proses melubangi kertas kemudian baru dijilid. Jenis ini pun mempunyai keuntungan, yaitu harganya yang murah, bisa menjilid hingga dengan 450 eksemplar kertas, dapat meningkatkan atau meminimalisir kertas tanpa merusak jilid. Serta memiliki kelemahan yaitu, tidak elegan, melulu ada warna hitam dan putih, andai terlalu tebal akan sulit saat dimulai secara rata, dan sisi cover depan tidak dapat dikebelakangkan.

 

  1. Lem Panas

Mesin jilid kitab yang sangat sering digunakan ialah mesin lem panas dimana kertas-kertas bakal dijadikan satu dengan memakai lem yang bersuhu panas. Lem ini dapat dipakai untuk membulatkan atau menjilid kitab dalam format soft cover inginkan pun hard cover. Jenis ini pun dapat menolong pembuatan kitab yang mempunyai standar ukuran A3 yang asli. Jenis ini pun dapat menciptakan hasil jilidan menjadi lebih tahan lama dan maksimal. Dengan memakai mesin ini, dalam satu jam nya dapat menghasilkan 160 buah buku. Namun guna pemanasan mula akan memakan waktu selama 10 hingga 30 menit supaya lem itu dapat benar-benar panas.

 

  1. Jilid Biasa

Yang dimaksud dengan jilid biasa disini ialah menggunakan staples dan lakban hitam yang paling sering anda jumpai ketika duduk di bangku sekolah maupun perkuliahan. Meski tidak selalu memakai warna hitam, ternyata jenis ini bisa menggunakan sekian banyak  warna lain laksana kuning, biru, hijau, merah, dan sebagainya. Jenis ini memang proses pembuatannya paling cepat dan pun murah sekali bila dikomparasikan dengan yang lain. Jenis ini bisa diterapkan sendiri maupun digarap oleh lokasi fotokopi. Namun jenis ini penampilannya biasa saja dan tidak dapat terlalu tebal sebab staples akan susah untuk digunakan.

Itulah sejumlah mesin jilid kitab dan pun tipe jilid yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah tanpa pertolongan siapa pun. Namun bila hendak mendapatkan hasil yang maksimal dan pun terlihat rapi, anggun dan profesional, bakal sangat dianjurkan untuk memakai pertolongan mesin-mesin tersebut. Apalagi guna Anda yang suka membuat kitab sendiri, bakal lebih baik memakai mesin jilid walau merogoh kocek yang lumayan dalam, tetapi hasilnya paling maksimal.

Leave a Comment