Kerajinan Mutiara Maluku Dengan Kilauan Yang Berkelas Dan Memukau

Berkunjung ke Maluku, tentunya tidak boleh sampai kita lupa membawa oleh-oleh khas distrik tersebut. Apalagi, di samping makanan dan rempah, terdapat juga sekian banyak  kerajinan khas Maluku yang pantas untuk kita bawa pulang, baik tersebut untuk koleksi sendiri atau buah tangan guna keluarga maupun sahabat. Salah satunya ialah kerajinan mutiara Maluku yang keindahannya tentu sudah tidak sedikit Anda saksikan dalam sekian banyak  liputan Berita Ambon.

Mutiara yang dibudidayakan di Maluku, tergolong di Ambon, rupanya tidak sedikit peminatnya, lho! Selain sebab keindahannya, urusan ini pun dikarenakan kualitas mutiara Maluku yang paling baik. Bahkan, tidak sedikit yang bilang bahwa kualitas mutiara Maluku lah yang terbaik dibandingkan wilayah lain.

Hal ini barangkali dikarenakan kualitas perairan Maluku yang masih paling terjaga kebersihannya, sampai-sampai tidak dirusak oleh polusi yang dapat merusak kualitas mutiara. Belum lagi, proses budidayanya pun paling baik. Kemudian, mutiara yang dihasilkan dapat diolah jadi pelbagai produk kerajinan laksana kalung, gelang, cincin, anting, dan aksesoris lainnya.

 

Memilih Mutiara

Ketika kita memilih mutiara nantinya, Anda dapat pilih antara mutiara air laut dan mutiara air tawar. Keduanya paling berbeda, yang dapat dilihat dari sisi kualitas maupun harganya. Dibandingkan mutiara air tawar, mutiara air laut lebih berkualitas dan lebih mahal.

Sebagai perbandingan, bila sebutir mutiara air tawar dapat dipatok pada harga Rp 30.000, sebutir mutiara air laut dapat dibanderol dengan harga yang jauh lebih tinggi, bahkan sampai 5 kali lipat. Selain sebab kualitasnya, urusan ini pun dikarenakan eksistensi mutiara air laut yang tidak sejumlah mutiara air tawar, sampai-sampai untuk mendapatkannya pun perlu waktu yang lebih lama dan tenaga yang lebih banyak.

Untuk membedakannya, Anda dapat perhatikan dari ciri-ciri jasmani mutiara. Pada mutiara air laut, kilaunya terkesan lebih alami dan lebih memukau. Sedangkan mutiara air tawar tidak cemerlang mutiara air laut, dan warnanya pun ingin lebih dove, atau tidak sejernih warna putih pada mutiara air laut.

Anda bisa melakukan pembelian barang kerajinan mutiara di sekian banyak  toko oleh-oleh yang tersebar di penjuru Maluku, khususnya Ambon. Atau, Anda dapat kunjungi Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon yang telah dikenal sebagai pusat kerajinan mutiara yang beroperasi semenjak tahun 1995. Di sini, Anda dapat temukan kerajinan mutiara dengan harga lebih terjangkau, tetapi varian yang paling tidak sedikit ditemukan ialah mutiara air tawar.

 

Leave a Comment