Meriahkan Hari Kemerdekaan RI, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Mengadakan Perlombaan

Besok anda akan mengenang Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Momen Hari Ulang Tahun RI yang jatuh masing-masing tanggal 17 Agustus ini seringkali identik dengan sekian banyak macam perlombaan. Dalam rangka meramaikan HUT RI, sejumlah perlombaan dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta untuk meningkatkan semarak kemerdekaan. Berbagai macam permainan dalam lomba tujuh belasan yang diadakan antara lain:

1. Lomba Makan Kerupuk

Kerupuk terbelenggu pada seutas tali, dan digantung yang tingginya di atas mulut peserta lomba. Aturan main, kedua tangan jangan memegang tali/kerupuk, untuk tersebut kedua tangan disembunyikan di belakang pinggang. Hebohnya, tali gantungan sering berayun dampak tarikan dari peserta lain.

Permainan ini mengajarkan untuk kita, di jaman penjajahan dulu rakyat mengalami kendala sandang, pangan dan papan. Untuk santap yang sangat sederhana sekali pun merasakan kesulitan, dampak hasil panen penduduk dipungut paksa oleh penguasa. Akibatnya, tidak sedikit rakyat yang tidak cukup gizi bahkan mati kelaparan.

2. Lomba Balap Karung

Pemain masuk ke dalam karung, lantas dengan lari dengan teknik meloncat. Tidak jarang pemain terjatuh berguling-guling. Karung ini mengingatkan pada ketika dijajah oleh Jepang. Sebagian besar rakyat merasakan penderitaan paling berat, sebab bahan pakaian sengaja tidak didistribusikan sampai-sampai yang terbelakang hanyalah karung goni bekas.

Kain yang berserat kasar tersebut memunculkan gatal-gatal di kulit sebab sebagai sarang kutu. Filosofi menginjak-injak karung, anda meninggalkan pakaian yang paling tidak layak pakai tersebut. Ada arti lain dari pacu karung yakni betapa sulitnya berlari saat kedua kaki terkungkung di dalam karung. Seperti kungkungan penjajah terhadap kemerdekaan rakyat untuk peradaban bangsa Indonesia.

3. Lomba Memindahkan Belut

Permainan ini mengalihkan seekor belut ke lokasi lain. Makna permainan ini, alangkah pun susah dan licinnya belut penjajah tetap mesti diusir dari negeri ini. Perlu kesabaran dan ketekunan.

4. Lomba Bawa Kelereng dengan sendok dimulut

Ini ialah lomba yang dilaksanakan dengan mengemut suatu sendok yang diatasnya terdapat kelerengnya mereka adu cepat berjalan mengarah ke garis finish dan pulang lagi ke titik start. Keahlian menjaga ekuilibrium kelereng supaya tidak jatuh dari sendok seraya jalan ialah sangat dibutuhkan supaya memenangkan kompetisi ini. Disinilah kunci serunya kompetisi ini.

5. Lomba Memindahkan Kelereng dengan Sumpit

Lomba Memindahkan Kelereng dengan Sumpit ini Jika kelereng terjatuh di tengah jalan, maka peserta mesti mengulangi dari lokasi terakhir ia memungut kelereng. Jika kelereng sudah dialihkan semua ke garis finis, maka peserta ditetapkan menang.

6. Lomba Memasukan paku kedalam botol

Paku diikat dengan seutas tali lantas dililitkan dipinggang dan peserta lomba berjuang memasukkan paku itu ke dalam botol. Keseimbangan untuk mengawal paku tidak bergoyang-goyang dan keterampilan memperkirakan ujung paku masuk dalam mulut botol paling diperlukan.

Yang menjadi masalah ialah peserta sebelumnya lari dari garis start mengarah ke ke finish karena botol sedang di titik finish sampai-sampai paku merasakan guncangan hebat dan tidak gampang untuk menghentikannya. Proses pacuan menenangkan goncangan paku dan memasukkan dalam botol ialah hal yang sangat seru dalam kompetisi ini.

7. Lomba Memasukan benang ke dalam jarum

Lomba ini membutuhkan kejelian, kesabaran, dan kecermatan, sebab memasukaan jarum ke dalam benang dilaksanakan sambil berjalan. Peserta yang lebih dulu memasukan benang kedalam jarum dan menjangkau garis finis ditetapkan sebagai juara.

8. Menggiring Bola Pingpong dengan terong

Peserta mesti menggiring bola pingpong dengan terong yang digantung di pinggang. Siapa yang tercepat hingga finis, dialah pemenangnya.

9. Tusuk Balon dengan mata tertutup

Lomba ini dilaksanakan dengan dimulai seluruh peserta diputar terlebih dahulu satu kali lantas berjalan lurus hingga ke arah balon, siapa yang sangat dulu balinnya pecah ditusuk gunakan jarum dialah yang juara.

10. Meniup Balon yang sangat besar

Permainan ini paling mudah, lumayan Sewa balon gate dengan mulut dan yang sangat besar kemudian pecah ditetapkan juara.

Semangat Kemerdekaan, motivasi kebersamaan, semangat mengawal kerukunan dan sekaligus mempererat tali persaudaraan diantara pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta ialah menjadi satu kunci utama dari seluruh kompetisi yang sudah diselenggarakan. Mari anda bersama-sama memuliakan jasa-jasa semua pahlawan, hargai aturan-aturan yang berlaku. Dan yang sangat penting ialah sama-sama meramaikan Hari Kemerdekaan

Leave a Comment