Piala Dunia Sepak Bola: Trofi Paling Dicari

Piala Dunia adalah piala emas kecil yang mewakili harapan dan ambisi setiap negara sepakbola di dunia. Sejak munculnya Piala Dunia pada tahun 1930, telah ada dua trofi yang diberikan kepada para pemenang
Trophy Jules Rimet adalah hadiah asli untuk memenangkan Piala Dunia. Awalnya hanya disebut Piala Dunia atau Coupe du Monde, namanya diganti pada tahun 1946 untuk menghormati Presiden FIFA Jules Rimet yang pada tahun 1929 memberikan suara untuk memulai kompetisi. Didesain oleh Abel Lafleur dan terbuat dari perak sterling berlapis emas di atas dasar biru lapis lazuli, tingginya 35 cm dan berat 3,8 kg. Itu dalam bentuk cangkir segi delapan, didukung oleh sosok bersayap yang mewakili Nike, dewi kemenangan Yunani kuno.

Selama Perang Dunia II, trofi dipegang oleh Italia. Ottorino Barassi, wakil presiden Italia FIFA, menyembunyikannya dari Jerman di kotak sepatu di bawah tempat tidurnya.

Tepat sebelum Final Piala Dunia 1966 di Inggris, trofi itu dicuri selama pameran publik di Westminster Central Hall, tetapi ditemukan hanya tujuh hari kemudian, terbungkus koran di bagian bawah pagar taman pinggiran kota di Norwood, London Selatan, oleh seekor anjing bernama “Acar”. Sebagai langkah keamanan, FIFA secara diam-diam membuat replika piala untuk digunakan dalam perayaan pasca-pertandingan. Replika itu juga digunakan pada kesempatan-kesempatan berikutnya hingga 1970. Replika itu dijual di sebuah pelelangan tahun 1997 dengan harga $ 425.015. Ada banyak replika di eBay pada waktu itu.

Tim Brasil Restoqq   memenangkan trofi untuk ketiga kalinya pada tahun 1970, dan diberi hadiah dengan diizinkan untuk mempertahankannya selamanya. Namun, piala itu dicuri lagi pada tahun 1983 di Rio de Janeiro dan tidak pernah pulih; mungkin telah dilebur. Konfederasi Sepak Bola Brasil menugaskan replika mereka sendiri.

Piala pengganti, yang secara resmi dikenal sebagai Piala Piala Dunia FIFA, pertama kali dipresentasikan di Piala Dunia 1974. Dirancang oleh Silvio Gazzaniga, tingginya 36 cm dan terbuat dari 5 kg emas padat 18 karat (75%) dengan dasar yang mengandung dua lapis perunggu, dan menggambarkan dua sosok manusia yang memegang Bumi. Nama negara yang tim nasionalnya memenangkan turnamen terukir, bersama dengan tahunnya, di sisi bawah trofi. Tidak diketahui apakah FIFA akan pensiun piala setelah semua nama plak di pangkalan diisi; ini akan terjadi setelah Piala Dunia 2038.

Peraturan FIFA sekarang menyatakan bahwa trofi, tidak seperti pendahulunya, tidak dapat dimenangkan secara langsung: pemenang turnamen menerimanya dengan pinjaman selama empat tahun dan menerima replika untuk disimpan.

Leave a Comment